Strategi Guru Pengabdian dalam Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Mahasantriwati Universitas Al-Amien Prenduan

Authors

  • Rauhul Maani Universitas Al-Amien Prenduan, Indonesia
  • Moh. Nasir Universitas Al-Amien Prenduan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61166/values.v2i5.122

Keywords:

Strategi, Guru Pengabdian, Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab, Mahasantri, Pesantren

Abstract

Pondok pesantren berperan penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian santri, dengan menanamkan nilai-nilai kedisiplinan dan tanggung jawab sebagai bagian dari pengembangan akhlak dan spritualitas. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa sebagian mahasantri yang belum sepenuhnya disiplin dan bertanggung jawab dalam menjalankan kewajiban mereka. Di UNIA Prenduan, setiap guru pengabdian memiliki strategi yang berbeda-beda dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab mahasantri, karena disiplin dan tanggung jawab merupakan sikap keunggulan yang terbangun dari ajaran Islam dan nilai luhur budaya Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi yang diterapkan guru pengabdian dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab mahasantri UNIA Prenduan dan apa saja kendala yang dihadapi oleh guru pengabdian dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab mahasantri UNIA Prenduan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dimana data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data utama adalah guru pengabdian periode 2024-2025.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru pengabdian mempunyai strategi yang berbeda-beda dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab mahasantri, diantaranya yaitu dari segi strategi perbuatan yang meliputi: menegakkan peraturan, pengawasan dan pendekatan terhadap mahasantri, memberikan tauladan yang baik, hukuman dan sanksi. Adapun dari segi strategi ucapan meliputi: nasihat dan motivasi. Adapun kendala yang dihadapi yaitu dari faktor intenal meliputi: tidak ada kesadaran dari diri mahasantri sendiri, anak yang susah diatur dan merasa bosan dengan aturan, perbedaan latar belakang anak baik dari sisi emosional maupun pengalaman hidupnya. Sedangkan dari faktor eksternal meliputi: Sebagian pengurus yang melanggar aturan sehingga memberikan contoh yang tidak baik, keterbatasan waktu dan kurangnya totalitas guru pengabdian dalam mengontrol sehingga mahasantri merasa lebih bebas, dan pengaruh dari teman yang kurang baik.

 

References

Abdullah, Abdullah. “Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa.” Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.1, No. 1 (2017): 45–62.

Afifah, Muruatul, Achmad Maulidi, Dan Najmi Faza. “Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Parenting Di Sekolah.” Irfani (E-Journal), Vol.17, No. 1 (2021): 104–111.

Ahmad, Kepemimpinan Kh Muhammad Lutfi, Dalam Mengembangkan Nilai Luhur Santri, Dan Ulum Di Pondok Pesantren Madinatul. “Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember Agustus 2020” (N.D.).

Al Wafa, Rinto, Dan Ach Nurholis Majid. “Internalisasi Perilaku Prososial Mahasiwa Melalui Pendidikan Religius.” Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, Vol.2, No. 2 (2024): 247–266.

Andjarwati, Tri. “Motivasi Dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori Xy Mc Gregor, Dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland.” Jmm17: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, Vol.2, No. 01 (2015).

Anggraeni, Sylvia. “Pembentukan Sikap Tanggung Jawab Di Sekolah Kreatif Sd Muhammadiyah Bayan Kabupaten Purworejo.” Basic Education, Vol.5, No. 21 (2016): 2–073.

Anggraini, Dita, Akhmad Shunhaji, Dan Syamsul Bahri Tanrere. “Optimalisasi Peran Guru Pengabdian Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory: Sebuah Tinjauan Efektivitas.” Southeast Asian Journal Of Islamic Education Management, Vol.4, No. 2 (2023): 201–216.

Bahari, Yohanes, Dan Gusti Budjang. “Peran Sekolah Dalam Sosialisasi Tata Tertib Pada Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), Vol.5, No. 12 (N.D.).

Dakhi, Agustin Sukses. Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Deepublish, 2020.

Faizin, Hamam. “Sejarah Dan Karakteristik Al-Qur’an Dan Terjemahnya Kementerian Agama Ri.” Suhuf, Vol.14, No. 2 (2021): 283–311.

Gie The Liang. Cara Belajar Yang Efektif. Jakarta: Raya Grafindo 2006, N.D.

Hadisi, La, Zulkifli Musthan, Rasmi Gazali, Herman Herman, Dan Sarjaniah Zur. “Peran Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Modern Gontor 7 Riyadhatul Mujahidin Kabupaten Konawe Selatan.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.11, No. 01 (2022).

Hasan Langgulung. Manusia Dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Al Husna, N.D.

Hasibuan, Faisal Haris. “Penanaman Nilai-Nilai Tanggung Jawab Pada Santri Putra Di Ppq Al-Amin Pabuwaran Purwokerto” (2017).

Hidayati, Hanik, Tutik Khotimah, Dan F Shoufika Hilyana. “Pembentukan Karakter Religius, Gemar Membaca, Dan Tanggung Jawab Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Glasser, Vol.5, No. 2 (2021): 76–82.

Khamidah, Durotul. “Peran Pengurus Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Santriwati Di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo” (2021).

Kharis, M Khozin. “Pengaruh Motivasi Belajar Santri Terhadap Peningkatan Kajian Kitab Salaf Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun 2016.” Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, Vol.9, No. 1 (2017): 198–214.

Lalu Muhamad, Kurniawan. “Pemberian Sanksi Disiplin Terhadap Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas Dalam Perspektif Undang-Undang Perlindungan Anak” (2021).

Lantip Diatprasojo. Manajemen Strategi. Yogyakarta: Uny Press, 2018.

Lexy J Melong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Mabaquiao, Napoleon M. “Speech Act Theory: From Austin To Searle.” Augustinian Journal, Vol.19, No. 1 (2018): 1–18.

Mekarisce, Arnild Augina. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, Vol.12, No. 3 (2020): 145–151.

Moleong, Lexy J. “Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi” (2007).

———. “Metodologi Penelitian Kualitatif (Hal. 178).” Bandung: Remaja Rosdakarya (2006).

Muhammad Nasir. Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1986.

Mulyasa, He. Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara, 2022.

Nabilah, Nida. “Peran Pengurus Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Santri Putri Di Pondok Pesantren” (N.D.).

Nadhifah, Elok. “Strategi Ustadzah Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Santri Baru Di Pondok Pesantren Putri Salafiyah Nurut Taufiqy Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan” (2024).

Naim, Ngainun. “Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu Dan Pembentukan Karakter Bangsa.” Jogjakarta: Ar-Ruzz Media (2012).

Naimah, Tsania Kamilatun. “Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas 5 Min 3 Semarang” (N.D.).

Najili, Hakin, Hendri Juhana, Aan Hasanah, Dan Bambang Samsul Arifin. “Landasan Teori Pendidikan Karakter.” Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol.5, No. 7 (2022): 2099–2107.

Nasional, Kementerian Pendidikan. Mencari Karakter Terbaik Dari Belajar Sejarah. Kegiatan Naskah Bahan Kerjasama, Informasi, Dan Publikasi, Direktorat …, 2011.

Nihayati, Istyi, Erik Aditia Ismaya, Dan Ika Oktavianti. “Pendidikan Karakter Disiplin Pada Santri Pondok Pesantren Slaf Terpadu Bahjatur Roghibiin Kudus.” Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1, No. 11 (2021): 2395–2402.

Ni’matuzahroh, Spms, Dan Susanti Prasetyaningrum. Observasi: Teori Dan Aplikasi Dalam Psikologi. Vol.1. Ummpress, 2018.

Ningsih, Ruddat Ilaina Surya. “Peran Pengurus Pondok Pesantren Dalam Pembinaan Karakter Kedisiplinan Santri Di Pondok Thoriqul Huda Ponorogo” (2019).

Patmawati, Sri. “Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Negeri No. 13/1 Muara Bulian.” Jurnal Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Negeri No. 13/1 Muara Bulian (2018).

Pebriyanti, Nurul. “Strategi Guru Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda 1 Kedungkandang Malang” (2017).

Penyusun, Tim. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, 1999.

Priyatna, Muhammad. “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.5, No. 10 (2016).

Putri, Intan Budiana, Dan Abdul Muhid. “The Metode Pendidikan Keteladanan Relevansi Antara Qasidah Burdah Dengan Teori Belajar Sosial Albert Bandura: Metode Pendidikan Keteladanan Relevansi Antara Qasidah Burdah Dengan Teori Belajar Sosial Albert Bandura.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.14, No. 2 (2021): 164–187.

Putri, Regina Nabila, Yosi Yulizah, Dan Abdul Rahman. “Strategi Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Kelas Iii Di Sdn 88 Rejang Lebong” (2023).

Rohman, Ahmad Abdur, Dan Imas Masturoh. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa (Penelitian Di Smp Plus Ma’arif Al-Muslihuun Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis).” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[Sl], Vol.5, No. 2 (2018).

Saharani, Ainun, Ifnaldi Ifnaldi, Dan Mirzon Daheri. “Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Ibadah Di Tpa Ukhuwah Kelurahan Jalan Baru” (2022).

Salahudin, Anas, Dan Irwanto Alkrienciehie. Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa. Pustaka Setia, 2013.

Saldana, Johnny, Matthew B Miles, Dan A Michael Huberman. “Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook.” Unite States Of America: Sage Publication (2014).

Sholeh, Slamet, Dan Mimin Maryati. “Peran Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol.6, No. 2 (2021): 212–217.

Sidiq, Umar, Miftachul Choiri, Dan Anwar Mujahidin. “Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.” Journal Of Chemical Information And Modeling, Vol.53, No. 9 (2019): 1–228.

Situmorang, Syafrizal Helmi, Iskandar Muda, M Doli, Dan Fanzie Syarief Fadli. Analisis Data Untuk Riset Manajemen Dan Bisnis. Usupress, 2010.

Skinner, Burrhus Frederic. About Behaviorism: By Bf Skinner. Knopf, 1974.

Subandi, Subandi. “Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan.” Harmonia Journal Of Arts Research And Education, Vol.11, No. 2 (2011): 62082.

Sudiarditha, I Ketut R, Agung Aws Waspodo, Dan Nesia Ayu Triani. “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Direktorat Umum Lembaga Pelayanan Publik Televisi Republik Indonesia.” Jurnal Manajemen, Vol.20, No. 2 (2016): 278–292.

Sugiyono, Prof. “Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.” Alpabeta, Bandung, Vol.62 (2011): 70.

Tantri, Felia. “Pola Asuh Orang Tua Pengrajin Batu Bata Merah Dalam Mendidik Sikap Tanggung Jawab Anak Di Desa Kalipucang Welahan Jepara.” Collase (Creative Of Learning Students Elementary Education), Vol.5, No. 6 (2022): 1128–1138.

Warif, Muhammad. “Strategi Guru Kelas Dalam Menghadapi Peserta Didik Yang Malas Belajar.” Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.4, No. 01 (2019): 38–55.

Wirawan, Pandy Akbar, Reno Diqqi Alghazali, Dan Anrial Anrial. “Penguatan Mental Mahasantri Al-Jamiah Iain Curup Melalui Kuliah Tujuh Menit.” Journal Of Da’wah, Vol.2, No. 2 (2023): 275–295.

Witasari, Oki, Dan Subur Subur. “Pembentukan Karakter Melalui Pola Asuh Santri Di Pondok Pesantren Al Alif Blora.” Intizar, Vol.28, No. 1 (2022): 33–40.

“Observasi,” 1 February 2023. Idia Prenduan.

Downloads

Published

2025-11-06

How to Cite

Rauhul Maani, & Moh. Nasir. (2025). Strategi Guru Pengabdian dalam Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Mahasantriwati Universitas Al-Amien Prenduan. Values: Jurnal Kajian Islam Multidisiplin, 2(5), 549–570. https://doi.org/10.61166/values.v2i5.122

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.