Penguatan Nilai-Nilai Kepatuhan dan Disiplin Oleh Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Larangan Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.61166/values.v2i5.121Keywords:
Kepatuhan, Disiplin, Guru BK, Perilaku Indisipliner, SMPN 2 Larangan PamekasanAbstract
Setiap sekolah sudah tentu memiliki peraturan dan tata tertib yang berlaku, tata tertib sekolah bertujuan sebagai pedoman berperilaku siswa untuk menciptakan lingkungan kehidupan sekolah menjadi tertib, aman, tentram, kondusif, dan disiplin. Siswa Indisipliner melakukan pelanggaran tata tertib seperti terlambat, tidur di kelas, membolos, atribut upacara tidak lengkap maka bisa menyebabkan kerugian dalam dirinya sendiri, bahkan akan mendapatkan sanksi ataupun hukuman. Dari sini guru BK berperan dalam memperkuat nilai kepatuhan dan disiplin serta mendampingi, membantu dan mengawasi para siswa untuk berperilaku disiplin. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimanakah Penyebab Indisipliner Siswa Kelas IX SMPN 2 Larangan? 2) Bagaimanakah Penguatan Nilai-Nilai Kepatuhan Dan Disiplin Oleh Guru BK Dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa Kelas IX SMPN 2 Larangan? Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Kualitatif deskriptif adalah memaparkan masalah atau temuan di lapangan sesuai dengan yang terjadi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Penyebab indisipliner siswa kelas IX SMPN 2 Larangan yaitu faktor dari dalam (intrinsik), yaitu rasa malas dan acuh tak acuh dalam pelajaran. Berikutnya faktor dari luar (ekstrinsik), yaitu faktor dari keluarga dan pengaruh teman serta lingkungan sekitar. (2) Dalam penguatan nilai kepatuhan dan disiplin, guru BK mengatasi indisipliner siswa kelas IX SMPN 2 Larangan dengan melakukan identifikasi masalah, pemberian peringatan, nasehat, bimbingan, pemanggilan, kunjungan rumah (home visit), memanggil orang tua, dan melakukan kerja sama dengan guru atau wali kelas. (3) Dampak dari penguatan yang dilakukan oleh guru BK memberikan perubahan pada siswa seperti perubahan perilaku serta peningkatan kesadaran diri.
References
Abdurrahman, Maman. Panduan Praktis Memahami Penelitian (Bidang Sosial-Administrasi-Pendidikan). Bandung: CV Pustaka Setia, t.t.
Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. CV Syakir Media Press, 2021.
Adiningtiyas, Sri Wahyu. “Program Bimbingan Pribadi Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa.” Jurnal KOPASTA (2017): 55–63.
Aeni Rufaedah, Evi. “Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Balongan” (t.t.): 8–15.
Afrita Harlianty, Rully. “Latihan Kesadaran Diri (Self Awareness) dan Kaitannya Dengan Penumbuhan Karakter.” vol.2, No. 1. Jurnal PKM (t.t.): 1–10.
Alaslan, Amtai. Metode Penelitian Kualitatif. Depok: Rajawali Press, 2021.
Al-Ghazali, Imam. Ihya’ulum Id-Din Terjemah. Cet. II Bandung: Marja, 2011.
Amal, Islakhul. “Hubungan School Well-Being Dengan Kepatuhan Menaati Tata Tertib Pada Siswa SMPN 4 Petarukan.” vol.8 No 1. Jurnal Empati (Januari 2019): 49–54.
Anzelina, Ria. “Faktor Penyebab Indisipliner Siswa dalam Mematuhi Tata Tertib di Sekolah Dasar.” Jurnal PGSD (t.t.): 123–132.
Ardiansyah. “Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitaif.” vol.1, No 2. Jurnal Pendidikan Islam (Juli 2013): 1–9.
Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Reaja Rosda Karya, 2012.
Astriani, Era. “Bimbingan Konseling dalam Sikap Indisipliner Siswa di SD Negeri Wiunduaji 07 Paguyangan Brebes.” vol.No. 2. Jurnal Tawadhu 2 (2018): 617.
Awwad, Muhammad. “Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa di Sekolah Dasar” (t.t.): 9.
Blegur. “Perilaku Indisipliner Peserta Didik dan Implikasinya Dalam Proses Belajar-Mengajar” (t.t.): 437.
Buana Putra, Andi Riswandi. “Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Pesrta Didik di SMKN 2 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015.” vol.1, No 2. Jurnal Konseling GUSJIJANG (2015): 1–7.
Budiya, Bahroin. “ANALISIS PROBLEMATIKA INDISIPLINER SISWA SMP PLUS HIDAYATUL MUBTADIIN KEMBANG PURWOASRI SINGOSARI MALANG.” vol.19 No. 1. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam (Maret 2023): 23–33.
Chita Harahap, Ade, dan Rizki Rahmayani Ritonga. “Pelaksanaan Kunjungan Rumah dalam Mengatasi Masalah Keterlambatan Siswa di Sekolah SMA YP Utama Medan.” vol.3, No 3. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat (2023): 550–554.
Dani, Yusrah, Nur Janah, dan Hetti Zuliani. “Studi Kasus Tentang Perilaku Disiplin Siswa SMA Negeri 1 Kuta Panjang.” vol.3, No. 3. Jurnal Ilniah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (2018): 10–18.
Defriansyah, Dedi. “Peran Guru BK Dalam Mengatasi Ketidakdisiplinan Siswa Dalam Belajar Strategi dan Taktik Efektif.” vol.10 no 5. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial (2023): 2361–2365.
Delvin, Muthmainnah, dan Rauf. “Peran Guru dalam Mengatasi Siswa yang Indisipliner pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo” (2015): 11.
Devi Nurhani, Yustika, dan Sugiaryo. “Strategi Guru Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Melalui Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Kelas 7 SMP Negeri 18 Surakarta.” vol., no. Jurnal Global Citizen (2023): 100.
Dewi Astuti, Anita, dan Sri Dwi Lesatari. “Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Datang di Sekolah.” vol.10 No. 1. Jurnal Ilmiah Counsellia (Mei 2020): 54–68.
Dianada, Amita. “Psikologi Remaja dan Permasalahannya.” vol.1 No.1 (Januari 2018): 118.
Divinubun, Siti, dan Sawal Mahaly. “Pelatihan Penggunaan DCM (Daftar Cek Masalah) Bagi Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengidentifikasi Masalah Siswa.” vol.1 No 1. Jurnal Pustaka Mitra (2021).
El Fiah, Rifda. Dsar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Idea Press Yogyakarta, 2015.
Fawaid, Moh. Mansyur. “Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa.” vol.2, No 1 (Mei 2017): 9–19.
Hadiana Putri, Adhelia, dan Ari Khusumadewi. “Analisis Perilaku Menyimpang Siswa Terlambat ke Sekolah di MI Sunan Giri Gresik.” vol.17 No. 1. Khazanah Pendidikan (aret 2023): 134–141.
Hafidz Firdaus, Ahmad, dan Abdul Muhid. “Peran Guru dalam Mengatasi perilaku Indisipliner Siswa Kelas VIII A SMP 10 November Sidoarjo.” vol.1, No 1 (Januari 2023): 56–62.
Harita, Akuardin, dan Bestari Laila. “Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Ajaran 2021/2022.” vol.2, No. 1. COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan dan Konseling (Maret 2022): 3.
Hasanah, Hasyim. “Teknik-Teknik Observasi.” vol.8 No 1, no. Jurnal At-Taqaddum (Juli 2016): 21–46.
Heriyansyah. “Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah.” vol.1 No 1. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Januari 2018): 116–127.
Hossiana. “Pengembangan Potensi Siswa Melalui Bimbingan dan Konsleing.” Jurnal Warta (Oktober 2019).
Hyma Puspytasari, Heppy. “Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter Bagi Anak.” vol.6, No.1. Jurnal Pendidikan Islam (Juni 2022): 3.
Irwansa. “Analisis Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Di SML Negeri 1 Makasar” (t.t.): 1–13.
Izza Billah, Radiah. “Peran Guru BK dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMAN 2 Binjai.” vol.3, No. 2. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (2023): 1023–1032.
Juniartika, Rifa. “Kepatuhan Terhadap Peraturan Sekolah pada Siswa di SMK XX Padang” (t.t.): 3.
Kamelia, Rinda, dan Siswoto Hadi Prayitno. “Pengaruh Smartphone Addiction Terhadap Kualitas Tidur Siswa.” vol.09 No. 02. Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida (Juli 2022): 131–140.
Khobariah, Ainun, dan Wiryo Setiana. “Layanan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Penanganan Siswa Tidak Disiplin.” vol.9, No. 2. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam (2021): 181–198.
Kurniasih, Tumtum. “Tingkat Kepatuhan Tata Tertib Sekolah oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta.” vol.3 No 2 (Januari 2014).
Kurniawan, Akbar, dan Andi Agustang. “Faktor Penghambat Tingkat Kedisiplinan Siswa Di SMAN 1 Bantaeng.” vol.1 No. 3. Pinisi Journal Of Sociology Education Review (November 2021): 120–126.
Kusumastitu, Adhi. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo, 2019.
Lesmana, Gusman. Bimbingan dan Konseling Belajar. Kencana, 2022.
Maskur, Yusril. “Penerapan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di MTS Negeri 4 Bone.” Pinisi Journal Of Education (Oktober 2021).
Mayangsari, Dian. “Analisis Kepatuhan Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah Pasca Diterapkannya Kebijakan Full Day School.” vol.5 no 5. Jurnal Ilmu Pendidikan (Oktober 2023): 2229.
Muhammad Al-Hasan, Yusuf. Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Yayasan al-Sofwa, 1997.
Nasruddin, Juwita, dan Eko Nusantoro. “Faktor Penghambat Operasionalisasi Kunjungan Rumah di SMA Negeri Se-Kota Semarang.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling (September 2015): 16–23.
Novalia Esmiati, Amy, dan Nanik Prihartanti. “Efektivitas Pelatihan Kesadaran Diri untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa.” vol.8, No. 1. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan (Januari 2020): 85–95.
Novia Anggraini, Eka, dan Tjipto Subaidi. “Pengelolaan Tata Tertib Sekolah Menengah Pertama.” vol.27 No 2. Varia Pendidikan (Desember 2015): 144–151.
Nurrahmi, Hesty. “Kompetensi Profeisonal Guru Bimbingan dan Konseling” (t.t.): 45–55.
Nurreni, Farida, dan Nurhadi. “Analisis Kedisiplinan Siswa Berdasarkan Ketaatan Terhadap Tata Tertib Sekolah.” vol., no. Jurnal Pendidikan Karakter (Oktober 2021): 209–220.
Oktasari, Diyah, dan Hengki Yandri. “Analisis Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Oleh Siswa dan Peran Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah.” vol.6, No. 2. Jurnal BK An-Nur (2020): 16–21.
Padil, dan Nashruddin. “Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan belajar Siswa di Sekolah.” vol.1 no 1. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi (Maret 2021): 25–36.
Permata Hanifa, Hanna. “Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Ditinjau dari Jenis Kelamin dengan Kepatuhan Terhadap Tata Tertib Sekolah.” vol.5, No 2. Jurnal Bimbingan Konseling (2019): 136–153.
Rahmi, Mulia. “Penguatan Peran Keluarga Dalam Mendampingi Anak BElajar Di Masa Pandemi Covid-19.” vol.9 No 1 (Maret 2020): 81–105.
Raihani, Annisa, dan Siti Banati. “Strategi Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Pada Siswa di MAN 2 Palembang.” vol.1, No 5. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (2023): 32–44.
Revita Putri, Nova. “Analisis Tindak Indisipliner Siswa SMP Negeri.” vol.2 No 2. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan (Maret 2018): 122–128.
Ridwan, Amin. “Peran Guru Agama Dalam Bimbingan Konseling Siswa Sekolah Dasar.” vol.4 No. 1. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam (Maret 2018): 1–13.
Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” vol.17 No 33. Jurnal Alhadharah (Juni 2018): 81–95.
Rivana, Anggi, dan Musthofa. “Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” vol.4 No. 2. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (Desember 2023): 2280.
Rusnaeni, Eka. “Analisis Kepatuhan Peserta Didik Terhadap Tata Tertib Sekolah” (t.t.).
Saleh, Sirajuddin. Analisis Data Kualitatf. Pusata Ramadhan,Bandung, 2017.
Saputra, Rezi. “Peran Guru BK Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa.” vol.1 No 2 (2020): 24–28.
Satria Permadi, Galih. “Sinergitas Guru PAI dan Guru BK Dalam Menjaga Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Al-Kautsar Bandar Lampung.” Lampung, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (2020): 8.
Sitti Khotijah, dan Khomsiyatul Mukarromah. “Penguatan Nilai-Nilai Sosial Budaya Dalam Tradisi Nyabis Kyai Di Desa Pakamban Pragaan Sumenep Madura” (Juni 2024): 306–315.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2007.
Susiatik, Titik. “Penanaman Nilai-nilai Akhlakul Karimah” (t.t.): 16–26.
Suyati, Tri. “Faktor Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes.” vol.24 No 2. Jurnal Mimbar Ilmu (2019): 232–238.
Syahdana, Anisa, dan Nurlela. “Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negeri 36 Palembang.” vol.3, No 1. JUANG: Jurnal Wahana Konseling (Maret 2020).
Tri W, Aprilia, Yulianda Sari, dan Nur Amelia Sari. “Penguatan Karakter Disiplin Siswa Melalui Peranan Guru Di Sekolah Dasar.” vol.2, No. 3. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling (Oktober-Desember 2024): 928–933.
Usmita, Fakhri. “Peningkatan Kepatuhan Pelajar Terhadap Tata Tertib di Sekolah.” vol.1 No 2 (Agustus 2023): 55–61.
Wahidmurni. “Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif” (t.t.): 1–17.
Werdiningsih, Wilis, dan Binti Ahlaku Mukaromah. “Sinergitas Guru dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa di MAN 1 Ponorogo.” vol.5, No. 1. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam (Juni 2024): 137.
Yanto. “Strategi Madrasah Stanawiyah dalam Meminimalisir Perilaku Indisipliner Siswa.” vol.5, No 1. THAWALIB: Jurnal Kependidikan Islam (2024): 1–14.
Yosefina Ule, Maria. “Studi Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas II” (2023): 3.
Yulianti, dan Sinta Nurzulina Putri. “Literature Review: Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa.” vol.9 No. 3. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur (2023): 475–489.
Yuliasih, Tatik. “Peranan Guru BK Dalam Menanamkan Nilai Disiplin Di Era Pandemi” (t.t.): 105–114.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni’matul Mukaromah, Sitti Khotijah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.









